Sang Pemilik Waktu


Malam ini, sesaat sebelum tidur aku menandai jadwal “bulanan-ku” pertama kalinya di tahun 2017. Kemudian reflek aku membalik lembaran ke bulan – bulan berikutnya. Sudah menjadi kebiasaan bagiku, setiap mendapat kalender baru aku langsung menandai tanggal – tanggal penting seperti ulang tahun keluarga, jadwal kuliah dan hari – hari penting lainnya.

Tibalah saat aku membuka lembaran bulan “itu”. Bulan dimana terdapat tanda ulang tahun seseorang yang bisa dibilang baru aku tambahkan namanya didalam daftar kalenderku. Seketika itu aku hanya terdiam. Entah kenapa dipikiranku langsung terbayang potongan lirik lagu “… Just how fast the night changes…”
Di bulan dan tanggal itu, pernah ada harapan untuk bisa melalui hari itu bersama, yah namanya juga harapan. Benar – benar hanya harapan. Terlintas dipikiranku, apa kiranya yang akan terjadi di tanggal itu, pada saat itu, dan dengan keadaan yang seperti saat ini? Akankah aku masih mengingatnya? Ataukah malahan aku sendiri yang akan mengingkari janji dan harapan yang telah aku buat sendiri? Banyak pertanyaan yang belum bisa terjawab.

Well, ini masih awal tahun, bahkan bulan pertama ditahun ini juga belum berlalu. Tapi sudah ada beberapa harapan yang nampaknya mulai harus dihapus dari daftar harapan yang akan tercapai. Terhapus seiring berjalannya waktu. Aku tegaskan lagi, harapan itu terhapus dan satu bulan pun belum berlalu dari awal aku membuat harapan itu.

Baru hitungan hari ditahun ini, sudah banyak pertanyaan yang muncul dalam benakku tentang bagaimana tahun ini kedepannya bagiku. Tapi ternyata jawaban yang ku dapat selalu sama, hanya waktu yang akan menjawabnya. Ya, faktanya memang akan selalu banyak pertanyaan yang tidk harus dijawab saat itu, biarkan waktu yang akan menjawab, menyampaikan, dan memberikan pengertiannya tersendiri tentang hal yang kamu pertanyakan pada waktu itu.

Biarlah pada saatnya nanti aku baru memahami kalimat “oh, jadi seperti itu maksudnya” Lalu apa yang harus aku lakukan selama menunggu jawaban itu datang? Jawabannya pun akan tetap sama, menunggu, bersabar dan berbaik sangka lah selalu kepada Sang Pemilik waktu. Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Jadikan waktu mu sekarang diisi dengan munajat, doa – doa, dan harapan yang kamu inginkan. Setelah itu, berusahalah.. Berusahalah agar semua harapanmu tercapai, berusaha dalam kegiatan (to do something) dan berusaha dalam doa. Karena menurutku, memang ada beberapa bahkan mungkin banyak dari harapan yang tidak bisa dibarengi dengan usaha kegiatan tapi hanya bisa dilakukan dengan usaha dalam doa. Menyerahkan harapanmu kepada Sang Pemilik waktu, sampai nanti jawaban dari harapanmu datang pada waktunya. Waktu yang ditentukan oleh-Nya.

Inti dari tulisan ini adalah berdoalah, bermunajatlah, berharaplah sebanyak – banyaknya di setiap detik waktu yang kamu lalui, memohonlah kepada sang pemilik waktu. Tidak peduli berapa banyak doa dan harapan yang telah kamu panjatkan dan berapa banyak harapan yang harus berguguran seiring berjalannya waktu. Tetapi ingatlah Sang Pemilik waktu, Dialah yang tidak terbatas, Dia yang selalu mampu menampung semua harapan – harapanmu, bahkan Dia mampu menggugurkan harapanmu, karena Dia selalu mengetahui apa yang terbaik untukmu dan mendatangkan (mengabulkan) setiap harapan mu pada waktu-Nya yang tepat. Aamiin… 😇😊🌈

Terakhir, semoga aku mendapatkan jawaban terbaik dari tanggal dan bulan yang telah aku tandai pada awal tahun ini. Tanggal dan bulan yang bahkan masih aku pandangi saat aku menulis cerita ini. Kalau ternyata nanti jawabannya bukan pada tanggal dan bulan ini, itu artinya akan ada tanggal dan bulan yang lain, berarti bukan dirinya tapi sosok lain yang entah siapa. Aamiin…😇😇😇

Leave a Reply

