Posted in Film

Review Film: Doctor Strange – Penjaga Bumi dari Gangguan Dunia Lain


Tepat tanggal 27 Oktober 2016 lalu, Marvel Cinematic Universe (MCU) resmi merilis film superhero terbarunya berjudul Doctor Strange. Layaknya film pada umumnya, sebelum dirilis penonton terlebih dulu disajikan trailer – trailer yang menarik, dari segi visual & sound effect yang oke punya dan juga potongan2 adegan yang bikin penasaran, banyaknya fanbase MCU di Indonesia yang ngadain count-down sampai film ini rilis, ditambah dengan strategi promosi dari MCU yang juaraaa sehingga rata – rata Film MCU menjadi film yang paling ditunggu. Setelah gue nonton film ini, is that worth it, pun? Jawabannya YES! 3 kata yang dapat menggambarkan film ini adalah: Different. Attractive. Interesting. Maksudnya pun? Doctor Strange itu siapa?

Waiiit… Before we started, Fyi: pertama, ini adalah artikel perdana gue tentang review film. Kedua, bisa dibilang gue mengikuti hampir semua film – film MCU, jadi cuma film yaa, no comic, no game (jadi jangan tanya gue tentang cerita di komik atau gamenya, I have no idea about it :p) Ketiga, artikel ini ditulis berdasarkan penalaran gue setelah nonton filmnya kalo ada yang berbeda pendapat tentang komentar gue ini, feel free to comment🙂

Review Film: *Spoiler Alert*

screen-shot-2016-04-13-at-9-00-40-am-e1460563668590
Stephen Strange as a Doctor Source: Google

Doctor Stephen Strange adalah seorang dokter ahli bedah yang jenius dan kaya raya. Mr. Strange ini bisa dibilang memiliki karakter yang hampir mirip dengan Tony Stark. Yup, Pinter, Kaya, dan Sombong. Sebagai seorang Dokter, Mr. Strange memiliki jalan pikiran yang ilmiah, segala hal harus dibuktikan dengan fakta, logika, riset2 ilmiah dan tidak percaya dengan hal – hal mistis. Singkat cerita, Mr. Strange mengalami kecelakaan yang mengakibatkan syaraf di kedua tangannya tidak bisa berfungsi normal (baca: tangannya buyutan :D) Kondisinya yang gak normal ini bikin dia jadi putus asa berat, karena segala macam operasi sudah dijalani tapi tangannya tetap belum sembuh.

Atas rekomendasi dari seorang bernama Pangborn, Doctor Strange pergi ke sebuah tempat bernama Kamar-Taj yang terletak di Kathmandu, Nepal. Kamar Taj tuh apa? Rumah? Balai Pengobatan? Tempat wisata? Atau apa? Penonton sempet bikin kepo maksimal sama kamar taj, karena Doctor Strange sendiri mencari Kamar Taj gak ketemu2. Sampai akhirnya Pak Dokter bertemu dengan Mordo.

Kamar Taj adalah sebuah perguruan yang mengandalkan energi dari dalam tubuh manusia itu sendiri. Didalamnya ada aktivitas seperti meditasi dan bela diri. Kamar Taj diketuai oleh seorang yang disebut Penyihir Agung (The Ancient One) juga ada guru – guru lain seperti Guru Mordo (Master Mordo), orang yang pertama kali ditemui oleh Mr. Strange.

maxresdefault
Doctor Strange and The Ancient One Source: Google

Awalnya Doctor Strange tidak yakin dengan penyembuhan yang mengandalkan energi dari tubuh sendiri, sampai akhirnya dia mempercayainya setelah mendapatkan pembuktian langsung dari sang penyihir agung. Cukup lama Doctor Strange belajar bela diri dan latihan2 lainnya sampai akhirnya dia bisa mengeluarkan mantranya sendiri.   

Karena sifatnya yang Kemal (Kepo Maksimal), Doctor Strange mampu mempelajari semua ilmu dari buku – buku yang ada di perpustakaan Kamar – Taj dengan cepat. Tiba saat dia membaca sebuah Kitab menemukan cara untuk memutar waktu dan akses menuju Dimensi Gelap (The Dark Dimension).

Terus siapa tokoh penjahatnya disini? Eitts tunggu dulu

Tokoh penjahat disini berasal dari dalam Kamar Taj sendiri yaitu Kaecilius. Kaecilius dulunya adalah seorang murid penyihir agung, tetapi dia menjadi berkhianat dan mencuri salah satu halaman dari kitab yang berisi tentang akses menuju Dimensi Gelap dan menghubungi Dormammu (penguasa dunia gelap). Kaecilius dan pengikutnya menyerang 3 kuil utama yang merupakan pelindung dunia dari dimensi gelap yaitu Kuil Hongkong, Kuil London, dan Kuil New York. Penyerangan itu dilakukan agar Dormammu bisa masuk ke bumi dan menguasainya.

tumblr_o50pzy9pdv1rm4qt1o1_500
Doctor Strange and Master Mordo Source: Tumblr

Doctor Strange dan Mordo harus kerja keras untuk melindungi bumi dan mencegah masuknya Dormammu untuk menguasai dunia. Oiya saat penyerangan terjadi di kuil London, pada saat itulah Doctor Strange menemukan pusakanya yaitu jubah terbangnya. Jubah ajaib nan kece, bisa terbang dan kalo di pake bikin Pak Dokter jadi makin kece lah pokoknya #inisalahfokus #jangandiikutin

Terus gimana endingnya pun? Kasih tau gak yaaa… buruan tonton mumpung di bioskop masih ada! Ohiya dan jangan lupa tonton sampai akhir credit title-nya karena bakalan ada dua post-credit-scene yang merupakan petunjuk untuk film MCU selanjutnya. Nih deh dikasih bocoran yaa, ada kelanjutan dari kisah Thor dan Mordo. Jadi jangan buru2 keluar dari teaternya, tenang aja gak bakal diusir sama  petugas bioskopnya kok! :D 

Kenapa harus nonton film Doctor Strange?

  1. Different. Sumber kekuatan para superhero MCU biasanya berasal dari ilmu – ilmu ilmiah seperti Tony Stark dan Bruce Banner yang ahli di bidang Fisika atau Captain America yang mendapatkan kekuatan dari hasil percobaan di lab oleh Howard Stark. Kali ini Doctor Strange kekuatannya berasal dari kekuatan sihir (magic)
  2. Attractive. Selama kurang lebih satu setengah jam durasi filmnya, dijamin kalian bakal dibuat ternganga dengan efek visual efeknya yang keren banget! Dijamin gak bakal bosen nontonnya
  3. Interesting. Karena kekuatan yang dimiliki oleh Doctor Strange tergolong unik, makanya patut diikuti sekuel selanjutnya dari film ini dan yang pasti kehadiran tokoh Doctor Strange ini film2 MCU lainnya. Pasti yang ditunggu adalah duet Doctor Strange dengan para Avengers yang akan menyelamatkan dunia dengan kekuatan sihir dan kekuatan fisik yang mereka miliki di film Avengers: Infinity War

Author:

always trying to improve and enhance the quality of myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s