Posted in My Story

EXPLORE JOGJA Part 2 – Istana Air Taman Sari


Entah sudah berapa lama postingan ini ada di draft blog gue dan belom sempet di publish. Masih melanjutkan dari postingan blog sebelumnya. Kali ini perjalanan gue menuju Istana Air Taman Sari Yogyakarta, so enjoy this late blog, bloggieeee

Perjalanan gue dimulai pukul 08.00 dari rumah menuju ke Taman Sari. Baru sebentar perjalanan tak lupa gue menyempatkan untuk berfoto ria di sebuah tugu  atau mungkin bisa lebih disebut sebagai perbatasan memasuki wilayah kabupaten Gunungkidul. Sebuah taman kecil dengan tulisan “GUNUNGKIDUL handayani” yang baru dibangun (Baca: karena waktu terakhir gue pulang kampung bulan Oktober 2014, belum berbentuk seperti sekarang) kini menjadi landmark baru bagi daerah Gunungkidul dan menjadi spot baru bagi para pengendara yang kebetulan melintas dan sengaja berhenti sejenak untuk berfoto. Terbukti saat gue berenti untuk foto pun ga sedikit orang yang berhenti dengan tujuan yang sama dengan gue atau hanya sekedar duduk – duduk santai dan beristirahat di gazebo yang telah tersedia di area taman inI.

Jpeg

Perjalanan dilanjutkan dan akhirnya sampai di Istana Air Taman Sari. Ini adalah kali pertamanya gue kesini dan Alhamdulillah sempet nyasar untuk menuju ke lokasi, karena ternyata Taman Sari ini tidak berada di pinggir jalan seperti yang diperkirakan melainkan harus masuk sedikit melewati gang kecil.

Dan inilah penampakan Istana Air Taman Sari dari depan pintu masuknya.

DSC09748 - Copy

Jadi gimana keadaan didalamnya?

Bagi kalian yang memang niat berkunjung ke tempat wisata bersejarah, Taman Sari adalah tujuan yang tepat. Yap, tempat ini sangat kental dengan unsur tradisionalnya. Sejauh yang bisa gue simpulkan dari perjalanan ini, Taman Sari ini terdiri dari beberapa bagian. Setelah melewati gerbang, pengunjung akan disuguhkan pemandangan 2 kolam pemandian yang dulunya digunakan oleh para putri keraton (cmiiw).

DSC09742 - Copy

Kolam disini menarik karena adanya sebuah patung air mancur berbentuk naga yang berada di sisi kiri kolam sebelah kiri. Nah tepat didasar kolam dari jatuhnya air pancuran tersebut kita bisa melihat banyak koin – koin yang konon katanya kalau kita melemparkan koin sambil berdoa, maka keinginan atau doa kita tersebut  akan terkabul. 

Jpeg

Bagian terakhir dari taman sari ini adalah sebuah gerbang seperti yang terlihat digambar. Menurut guide setempat, jika ditarik garis lurus dari gerbang ini akan tepat menuju keraton Yogyakarta.

Last but not least, share pict terakhir

DSC09750 - Copy(Baca: setelah kesekian kalinya jalan2 didaerah Malioboro baru kali ini gue bisa foto di plang yang ada tulisan Jl. Malioboro nya walaupun panas terik selfie tetep wajib. #alay #hiraukan #abaikan)

See u guys in the next post *Chaw

Author:

always trying to improve and enhance the quality of myself

Leave a Reply

