Posted in Football

Football offseason? Don’t worry! They come back in this competitions


Musim 2012 – 2013 mungkin memang sudah berakhir tapi yang namanya sepakbola ga pernah ada abisnya. Walaupun klub – klub elit dunia sekarang lagi pada libur dan juga disibukkan dengan bursa transfer, namun untuk mengisi kekosongan itu ada nih beberapa event kejuaraan yang akan diadakan selama masa off. Yap! Diantaranya ada Euro U-21, Piala Konfederasi, dan Piala Dunia U-20. Buat para pemainnya, ajang seperti ini sudah tentu menjadi suatu pembuktian rasa cinta dan nasionalisme pemain untuk membela negaranya. Nah sekarang gue mau ngebahas sedikit tentang beberapa event tersebut. Let’s check this out –>

  • UEFA Under 21 Championship 2013 Israel (Euro U21)

2013_UEFA_European_Under-21_Football_Championship

Guys, kalian pasti udah tau dong tentang ajang EURO (UEFA European Championship) yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini? Yap! EURO U21 juga mengusung format yang hampir sama dengan EURO yaitu kejuaraan sepakbola utama antara tim nasional pria dibawah organisasi UEFA. Perbedaannya, ajang EURO diadakan setiap 4 tahun sekali, diikuti oleh 16 negara, dan tim nasional yang dimainkan adalah tim senior. Sedangkan EUROU21 diadakan setiap 2 tahun sekali, dengan hanya diikuti oleh 8 negara dan tim yang dimainkan adalah tim nasional junior yang berumur dibawah 21 tahun.

Israel tahun ini didapuk menjadi tuan rumah pagelaran EURO U21 yang telah diadakan pada tanggal 5 – 18 Juni 2013. Teddy Stadium, Jerussalem telah menjadi saksi kembali berjaya-nya tim nasional junior Spanyol (La Rojita) yang mengalahkan timnas Italia dengan skor akhir 4 – 2 di laga final EURO U21.

BNEZTE8CQAEyP4D

(Thiago mengangkat piala Euro U21 setelah mencetak hattrick di turnamen ini🙂 )

Hattrick dari Thiago dan sebuah gol penalty dari Isco telah mampu mengamankan piala EURO untuk dibawa pulang kembali ke tanah matador. Dengan hasil ini, La Rojita berhasil mempertahankan gelar juara yang diraih pada EURO U21 tahun 2011. Ini adalah kali ke 4 La Rojita memenangi EURO U21 yaitu pada tahun 1986, 2008, 2011, dan 2013. #VamosEspana

  • FIFA Confederations Cup 2013 Brasil (Piala Konfederasi)

500px-FIFA_Confederations_Cup_Brazil_2013_logo.svg

Selain Piala Dunia, FIFA juga memiliki sebuah event kejuaraan sepakbola bertaraf Internasional lain yang bernama Piala Konfederasi. Ajang 4 tahunan ini sering disebut sebagai pemanasan sebelum piala dunia atau persiapan menuju piala dunia. Piala Konfederasi ini biasa digelar setahun sebelum piala dunia dengan tuan rumah yang sama dengan pagelaran piala dunia ditahun depannya. Piala Konfederasi ini akan mempertemukan Negara2 yang telah memenangi kejuaraan dari setiap konfederasi yang bernaung dibawah FIFA yaitu pemenang Piala Dunia, AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC, EURO, dan 1 tim tuan rumah. Pagelaran Piala Konfederasi 2013 akan diadakan di Brasil pada tanggal 15 – 30 Juni 2013.

Berikut ini adalah daftar tim yang mengikuti ajang Piala Konfederasi:

  1. Brasil             : selaku tuan rumah piala dunia 2014
  2. Spanyol        : pemenang piala dunia 2010
  3. Jepang          : pemenang piala asia 2011
  4. Meksiko       : pemenang piala emas Concacaf 2011
  5. Uruguay       : pemenang Copa America (Conmebol) 2011
  6. Tahiti             : pemenang piala Oceania 2012
  7. Nigeria          : pemenang piala Afrika 2013
  8. Italia              : runner up piala eropa 2012 (mendapat jatah pada kompetisi ini karena Spanyol telah memenangkan Piala Dunia FIFA 2010 dan Piala Eropa 2012. Karena pemenang kedua kompetisi itu mendapat jatah partisipasi pada turnamen ini, juara kedua Piala Eropa 2012 diundang untuk berpartisipasi dalam turnamen ini)

Sampai artikel ini ditulis, masing2 tim peserta telah menjalani laga pembuka dalam turnamen ini. Kalo ngomong2 tentang jagoan sih yaa, gausah ditanya lagi udah pasti gue dukung Spanyol untuk memenangi ajang Piala Konfederasi ini. Supaya mereka bisa menyandingkan trophy Piala Konfederasi dengan trophy lain yang telah diraih Spanyol 5 tahun ke belakang yaitu EURO 2008 & 2012 dan Piala Dunia 2010. Wuhuuuu #VamosEspana

  • FIFA U20 World Cup 2013 Turkey (Piala Dunia U20)

200px-2013_FIFA_U-20_World_Cup_logo

FIFA U20 World Cup 2013 mengusung konsep yang sama dengan Piala Dunia. Perbedaannya, tim yang bermain di laga ini adalah tim nasional junior dari tiap – tiap Negara yang berumur dibawah 20 tahun. Turnamen ini diikuti oleh 24 negara yang merupakan perwakilan juara dari konfederasi yang ada dibawah naungan FIFA. Tahun ini piala dunia U20 akan diadakan di Turki tanggal 21 Juni – 13 Juli 2013. Sebagai penulis yang masih awam mengenai sepakbola ini, gue sih juga belum tahu pasti siapakah pemain2 yang akan diturunkan oleh tiap2 negara untuk berlaga di ajang ini. Tapi yang jelas, siapapun pemain yang akan dimainkan nantinya adalah pemuda2 terbaik dari setiap Negara untuk menciptakan regenerasi dimasa depan.🙂

Ok guys! I think that’s all from me. Thanks for reading and keep #VISCABARCA See yaaa🙂😀

Author:

always trying to improve and enhance the quality of myself

One thought on “Football offseason? Don’t worry! They come back in this competitions

  1. Excellent issues altogether, you simply received a emblem new reader. What may you recommend about your put up that you made some days ago? Any positive?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s